IKLAN

Minggu, 05 November 2017

Tips Komputer, Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Error

Komputer atau laptop yang error merupakan masalah yang sering ditemui. Error yang dimaksud bermacam-macam, ada yang tidak bisa masuk ke windows, error pada saat loading operating sistem, tidak bisa booting atau mengalami error saat dihidupkan. Jika terjadi masalah-masalah tersebut ikuti tips komputer yang akan kita bahasa dalam artikel ini.
Jika terjadi masalah error bisa membuat frustasi, apalagi jika bingung dan tidak tahu bagaimana caranya mengatasi masalah tersebut. Sebelum mengeluarkan dana untuk memperbaikinya, sebaiknya coba tips komputer berikut ini. Dengan harapan komputer Anda kembali normal tanpa harus menservice-nya.
Masalah Pada Driver
Driver adalah software yang dimasukkan ke dalam komputer dengan demikian komputer dapat berfungsi dengan baik. Driver diperlukan untuk semua perangkat tambahan yang terhubung ke komputer. Jika komputer tidak mengenali perangkat tambahan tersebut, maka perlu diinstal ulang driver-nya.
Biasanya driver akan diberikan saat Anda membeli komputer baru. Ada banyak kasus komputer error karena driver harus di update atau driver yang sudah dipasang mengalami masalah dengan program lain sehingga perlu diinstal ulang kembali.
Masalah Karena Virus
Banyak software yang mengalami masalah akibat virus. Ada banyak cara virus menyusup komputer, ada yang melalui situs internet, email, penggunaan flash disk atau harddisk ekternal dsb. Oleh sebab itu bagi pemilik komputer atau laptop sangat disarankan untuk mendownload antivirus yang dalam kondisi aktif.
Virus atau malware sangat berbahaya, bisa menyebabkan kekacauan pada sistem komputer. Itu sebabnya install antivirus sekarang juga.
Masalah Karena Overheating
Kadang-kadang komputer atau laptop mengalami overheating akibatnya sistem tidak berfungsi atau kinerja perangkat menjadi lambat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa masalah yang disebabkan oleh overheating, diantaranya adalah dengan:
  • Memeriksa apakah komputer mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.
  • Membersihkan debu dan kotoran dari lubang ventilasi udara yang terdapat di bagian depan atau belakang casing.
  • Pastikan komputer disimpan di tempat yang sejuk, tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Periksa kipas pendingin apakah mengalami kerusakan atau tidak, jika tidak berfungsi dengan baik segera ganti dengan yang baru.
Perawatan Pada Hardware
Perangkat keras atau hardware sangat penting dan perlu dilakukan perawatan dengan rutin. Yang paling sederhana adalah membersihkan CPU dari debu dan kotoran. Jika tidak dibersihkan, debu-debu akan menempel pada komponen dan sulit dibersihkan, bahkan tidak menutup kemungkinan terdapat serangga yang menempel. Akibatnya kinerja komputer terganggu dan yang lebih parah bisa menyebabkan error. Untuk mencegah kerusakan atau error bersihkan hardware dengan teratur minimal seminggu satu kali.
Demikian tips komputer mengenai penyebab error pada komputer dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apakah anda suka ?...